Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Anatomi Pilkada Tator Dan Torut Di Pilkada 2020, Setelah 2 Petahan Tumbang di 2015

Oleh: Ferryanto Belopadang 

Pilkada Serentak Tahun 2020, dilaksanakan Rabu, 23 September 2020, praktisnya tinggal 6 bulan lagi.

Pilkada Tahun 2015, pada 9 Desember 2015, dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Februari 2016, 4 tahun berlalu.

Di Tana Toraja Pemerintahan Nicodemus Biringkanae sering diterpa issue tak sedap, bahkan beberapa kebijakan Bupati dibenturkan ke publik melalui media-sosial (medsos) menjadi "Berita Hangat" publii seantero Nusantara.

Apa sikap Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja?
Terkadang dalam beberapa kesempatan, Nicodemus Biringkanae lebih menekankan konsentrasi pada bidang kerjanya, ketimbang "meladeni" issue tak sedap. 

Bahkan dirinya sering enggan berkomentar saat dikonfirmasi beberapa persoalan pelik. Waktu kian berlalu, memasuki masa akhir 5 tahun kepemimpinannya (sampai 17 Februari 2021).

Penampilannya dengan stelan baju tenun dan sarung tenun Asli Toraja, tak ketinggalan penutup kepala khas adat Toraja menjadi ciri khasnya di setiwp kesempatan, bahkan menghadiri kegiatan-kegiatan di tingkat Provinsi. 

Kuat dalam pendirian (fashion) menjadikan kedekatan dirinya dengan masyarakat adat Toraja sangat dekat. Adik dari Mantan Kedua Dewan AMAN Sul-Sel Drs.Yusuf Biringkanae,M.Si (almarhum) selalu dekat dengan masyarakat di pelosok, bahkan terkadang bermalam di Lembang-lembang (Desa) saat ada kegiatan yang mengharuskan dirinya untuk bermalam, bercengkerama, mengikuti pola hidup masyarakat di desa, berbaur mungkin istilah tepatnya.

Disampingnya, sosok Victor Datuan Batara,SH seorang Bhayangkara yang selalu disiplin dalam tugas dan tanggungjawab, cepat merespon segala persoalan, humanis namun tetap tegas. Kolaborasi ini yang sulit terpisahkan, dua sosok dalam perbedaan menyatu, mungkin inilah yang membuat mereka berhasil "Menumbangkan" Petahana di 2015.

Kini, Nico-Victor dengan Tagline "NIVI Jilid 2" masih terlihat "KOMPAK", bahkan diselah-selah sambutannya, Nicodemus Biringkanae menyebut Adindaku kepada Victor Datuan Batara,SH (VDB). Dan VDB menyebut Kakandaku kepada Nicodemus Biringkanae. 

Birokrasi "Tulen" memang tepat dialamatkan kepada sosok Nicodemus Biringkanae (NB), beberapa jabatan srtategis pernah dipegangnya sebagai pucuk pimpinan, Kepala Dinas PU di era Johanis Amping Situru,SH Bupati Tana Toraja, Kepala Bappeda, bahkan melangkah ke provinsi sebagai Kadis Koperasi di era DR.H. Syahrul Yasin Limpo, SH,M.Si,MH selaku Gubernur Sul-Sel yang kini dipercaya Presiden RI Ir.Joko Widodo seoaku Menteri Pertanian (Mentan).

Bahkan Partai NasDem sudah memberikan Rekomendasi kepada Nico-Victor (Ni-Vi) untuk Pilkada 2020. Satu pintu terbuka lebar, menyususl Partai-Partai yang lain, semisal Golkar.

Lain Padang, Lain Belalangnya, Keberadaan DR.Kala'tiku Paembonan selaku Bupati dan Yosia Rinto Kadang yang berhasil "Menumbangkan" Petahana di Pilkada 2015 terlihat renggang dengan Wakilnya.

Bahkan dikalangan birokrasi hal itu terlihat jelas. Beberapa sentilan-sentilan terkadang saling menyudutkan, dan bahkan Partai NasDem yang diketuai Yosia Rinto Kadang (YRK) memberikan Rekomendasi Kepada YRK dan Yonatan Pasodung, yang infonya dari Papua juga tempatnya berkarir selama ini.

Urusan "Mutasi" yang terlalu sering dikeluhkan, belum lagi penggusuran bangunan sepanuang bantaran Sungai Sa'dan oleh beherapa kalangan dianggap beresiko, namun lebih banyak yang merespon positif.

Kita harus menunggu sampai tahap Penetapan Calon Tetap pada 8 Juli 2020.

Ada pemahaman Incumben Kuat, namun buktinya 2015 di 2 Kabupaten di Toraja ini malah tumbang. Beberapa faktor tentunya sangat berpengaruh, rekam jejak, militansi tim pemenangan dan program yang ditawarkan.

Penulis : Ferryanto Belopaadang
- Direktur LSM LEKAT (LEmbaga KAjian Toraja)
- Ketua DPC IWO (Ikatan Wartawan Online) Toraja
- Direktur CV. Toraja Cipta Promo
- Pengelola Media Online LEKATNEWS.COM




About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top