Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Makale, LEKATNEWS.COM -- Pagi ini, di sebuah tempat bersejarah dan dikeramatkan warga, dilakukan Prosesi Aluk Todolo dalam rangkaian memohon perlindungan kepada Sang Pencipta atas musibah yang menimpa Negeri dan bahkan Dunia.

Ma'kale, konon kabarnya di tempat ini setiap orang yang melintas menuju pasar dan tempat lainnya akan selalu membuang tanah yang dibawahnya dari rumahnya. Lama kelamaan si tempat yang dinamai Ma'kale terdapat tumpukan dari berbagai penjuru. Keyakinan itu masih terpelihara hingga saat ini.

Dipimpin To Minaa (Pemimpin Aluk), dimulailah Prosesi Aluk, dengan sesajen dan persembahan bagi para leluhur Suku Toraja dan bagi Sang Pencipta (To Mesorong Tama Lino).

Dihadiri Parengnge', dan beberapa orang Tokoh Masyarakat setempat, To Minaa Ne' Tato Dena' ( Ne' Sando) yang sangat kesohor itu, terus menerus mengucapkan puja-puji dan mohon pengampunan atas segala musibah menimpa negeri.

Prosesi terselenggara atas kesiapan dan kebesaran jiwa keluarga besar Tongkonan Lapandan dan Ma'kale. Semuanya diperuntukkan bagi keselamatan dan terhindar dari mara bahaya yang bakal menimpa rakyat di Tana Toraja.

Dari Ma'kale, Lapandan Bumi Lakipadada, teriring DOA bagi Keselamatan Negeri Nusantara.

Hujan sangat lebat, usai prosesi. Bagi sebagian masyarakat Toraja yang masih memegang kepercayaan leluhurnya menganggap itu sebagai berkat, berkah yang akan menghapus bencana, ataupun wabah. "Den upa napalolongngi Wai Salu Sa'dan, dandi pa patiroan bati'" yang artinya Semoga terbawa air sungai Sa'dan dan tidak akan dialami generasi pelanjut.

Tokoh masyarakat setempat, Yohanis Tato' Kamba yang sebelumnya sudah menginformasikan rencana prosesi ini dan memberitahukan kepada seluruh rumpun keluarga tongkonan untuk bersama-sama berdoa sesuai keyakinan masing masing, demi mendapatkan perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Sebelumnya, Antonius, warga Makale Utara juga mengingatkan untuk melakukan prosesi serupa, dan sudah terlaksana.

 Ma' Sarah, warga Makale juga mendoakan dan meminta kita semua untuk tetap menghormati leluhur dan berbakti kepada oraang tua sesuai pesan mendiang Ayahandanya.

"Kita Negara Kuat, Kita Negar Pejuan, Kita Pasti Berhasil Melalui Semua Ini"Tegas Joko Widodo Presiden RI walau dalam dukanya.(fb).


About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top