Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

TATOR, LEKATNEWS.COM -- Hari ini tepat 1 bulan kegiatan Belajar-Mengajar di Sekolah, Perkuliahan. Kegiatan belajar dialihkan ke rumah dan Classroom via Online.

Satgas Covid-19 Tator sejak dibentuknya sudah bekerja dengan penuh semangat walaupun dengan alat seadanya dan Alat Perlindungan Diri (APD) minim, melakukan kegiatan Penyemprotan Desinfektan melalui Semprotan bahkan ke Dusun-dusun pada Lembang Terjauh.

Menurut Direktur LSM LEKAT, Ferryanto Belopadang, kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja(Tator) dalam menghadapi Pandemi COVID-19 dapat dibagi dalam beberapa Fase.

Lanjutnya, Fase Pertama: Saat Pemkab melalui Bupati mengeluarkan SE tentang pembatasan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, dan perkuliahan. Menyusul surat-surat berikutnya.

Fase Kedua: Pembentukan Tim Satgas COVID-19 dan penetapan Posko di Rujab Bupati, dimana Nicodemus Biringkanae selaku Ketua Tim Satgas.
Dimulailah pengadaan APD, alat semprot Desinfektan, dan sebagainya. Kegiatan penyemprotan diseluruh wilayah, namun pembatasan arus Masuk-Keluar Kabupaten tetap berlangsung.

Berbagai Organisasi melibatkan diri dalam kegiatan pencegahan penyebaran, mulai daei penyemprotan hingga bagi masker.

Fase Ketiga: Masuknya Pasien di RSUD Lakipadada, sebagai konsekwensi RS Rujukan COVID-19.

Kerentanan para petugas medismenjadi perhatian utama sejumlah pihak, bahkan viral APD ala Bupati Nico viral di Dunia Maya.

Berbagai organisasi berperan membantu, bahkan Dandim 1414/Tator telah pula menyerahkan APD.

Peran serta Bhabinkamtibmas dari Polres Tator, yang paling lengkap di semua Wilayah, Babinsa dari Kodim 1414/Tator, Camat, Lurah/Lembang(Desa) semua terlihat aktif tanpa kenal lelah.

Fase Keempat: Penanganan Logistik utamanya Pangan, diperuntukkan bagi para ODP (Orang Dalam Pengawasan),dimaksudkan untuk mengurangi resiko keluar rumah.

Fase Kelima: Penanganan Logistik "Sembako" untuk warga terdampak, dan penyiapan Logistik berskala besar bahkan untuk 22 ribu KK. di Tana Toraja.

Berdasarkan sketsa Fase penanganan versi LEKAT, tak kurang peran LSM memberikan Saran, Kajian, bahkan Kritikan demi kelancaran dan arah penanganan Pandemi Covid-19, bahkan peran Media memberitakan perkembangan situasi dan data dari Satgas Covid-19 teekadang membuat Media Center Kewalahan dalam memberi informasi.

"Tunggu Konfirmasi Pimpinan" kalimat itu yang terlalu sering dipertontonkan.

Masih Ferryanto, dirinya mengaku paling sering mengingatkan Pemkab melalui Media LSM, LEKATNEWS yang dikelolanya.

Bahkan, komunikasi langsung para Pimpinan intens dilakukan untuk mensinergikan arah langkah dan kebijakan dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

"Satgas Harus Fokus Pada Penanganan Medis, Langkah apapun harus dalam "KORIDOR" Medis"tegas Direktur LSM LEKAT.

Pembatasan Jarak, diserukan bagi warga, namun Fhisycal Distanse bahkan diabaikan oleh Satgas dengan Fose diri dan kelompok.

Bahkan hari ini, marak diberitakan Wakil Bupati Tana Toraja dalam Penanganan Tim Medis RSUD Lakipadada.

Menurut Ryan, Sosok Victor Datuan Batara,SH adalah figur yang Perfeksionis, paling menjaga kesehatannya, bahkan urusan kebersihan tidak pernah dilanggarnya.

Termasuk dalam penanganan Covid-19, dirinya selalu tampil terdepan menyuarakan,mengingatkan warga masyarakat yang ditemuinya. VDB paling Safety ungkap Ferryanto. "Setelah hasil Rapit Test, dirinya (VDB) menfungkapkan akan membuka hasil SWAB Test Apapun hasilnya" apresiasi Ferryanto Belopadang.

Bahkan, lanjutnya, sesuai konfirmasi kerabat Wabup Tana Toraja, bahwa pada sekitar pukul 20.00 wita setelah menerima hasil Test dari Makassar, VDB secara mandiri mendatangi RSUD Lakipadada untyk diberikan pelayanan medis.

"RSUD Lakipadada sebagai RS Rujukan COVID-19, dan kecintaan terhadap keluarga dan orang sekitar, VDB secara mandiri dan bertanggungjawab meminta dirawat secara medis, walaupun Gejala awal tidak dirasakannya" urai Direktur LSM LEKAT.

"Sebagai warga masyarakat Tana Toraja, kita doakan, dalam penanganan medis yang tepat, dan sejak awal ditangani, kesembuhan menjadi Jaminan, tentunya dengan memanjatkan Doa-Doa bagi Kesehatan Pemimpin kita di Tana Toraja"tutupnya.(*!*)




About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top