Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Tator, LEKATNEWS.COM -- Merebaknya informasi penyebaran cirus corona dengan istilah Covid-19, sangay meresahkan bagi masyarakat. Salah penanganan, fatal akibatnya. Bahkan terlambat identifikasi awal gejala akan berakibat pada penyebaran Corona.

Berita terkait:
https://www.lekatnews.com/2020/04/sebanyak-1000-unit-rapid-test-covid-19.html

Tentunya hal itu sangat tidak kita inginkan bersama. Hari ini dengan bangga Pemkab Tana Toraja melalui Humas Satgas Covid-19 melalui rilisnya yang telah diberitakan media mitra Kominfo Tana Toraja.

Jangan puas dulu, Apa itu Rapit Test?

Direktur LSM LEKAT, Ferryanto Belopadang mengungkapkan bahwa dari Hasil Literasi dan Kajian Praktisi bahkan Pengamat, Alat Rapit Test diutamakan bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP).

ODP harus dalam program isolasi mandiri, dan 1 ODP butuh 2x Rapit Test. "Kalau 1000 unit Rapit Test, dapat digunakan bagi 500 orang"ungkap Ferryanto.

Lebih jauh dijelaskan, termasuk karena keterbatasan alat, Rapit Teat tidak sapat dipergunakan menyeluruh. Rapit Test siutamakan bagi:

1. Rapit Test diutamakan bagi ODP yang memiliki Demam > 38°C.

2. Orang memiliki Riwayat Kontak dengan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

3. Orang uang memiliki riwayat kontak dengan pasien yang terkontaminasi atau kemungkinan besar POSITIF (+) COVID-19.

4. Masyarakat dengan resiko tertular paling tinggi, seperti petugas kesehatan di rumah sakit yang menangani COVID-19.

5. Masyarakat yang bekerja di puskesmas atau klinik, serta masyarakat dengan profesi yang interaksi sosialnya tinggi (TNI, Polisi, Pejabat Publik, Ulama, Petugas Bandara, atau Pedagang Pasar).

Untuk penentuan kondisi itu, dapat dilakukan saat anda ke Puskesmas untuk bertemu dokter. Anda juga bisa didatangi secara langsung oleh pihak puskesmas bila anda memang terdata pada jejak kontak ODP, PDP, atau pasien terkontaminasi.

Bila anda berasa diluar kondisi itu, anda dianjurkan untuk tetap melakukan Langkah Pencegahan penularan virus corona dengan mencuci tangan secara rutin, menjaga daya tahan tubuh, malakukan sosial distance atau yang kini disebut physical distance, serta tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak.

Berita terkait:
https://www.alodokter.com/kenali-apa-itu-rapid-test-untuk-virus-corona

Selain itu, apapun hasil rapit testnya, pantau terus kondisi kesehatan anda.

Bila muncul gejala COVID-19, seperti BATUK, DEMAM, SUARA SERAK, dan SESAK NAPAS, segera hubungi fasilitas layanan kesehatan atau hotline COVID-19 unryk kendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.(Litbang)

Literasi: alodokter
Rang


About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top