Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Ilustrasi Pembangkit Listrik Energi Panas Bumi
Sul-Sel, LEKATNEWS.COM -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penjajakan terkait potensi energi panas bumi di Bituang, Kabupaten Tana Toraja, sebagai salah satu potensi Energi Baru Terbarukan (EBT).
“Kementerian ESDM melakukan survei lebih lanjut dalam rangka mengetahui potensi panas bumi di Bituang, Tator,” kata Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan dan Kelistrikan, Dinas Sumber Daya Energi Mineral (ESDM) Sulawesi Selatan (Sulsel) Achmad Habib pada seminar virtual tentang Pengembangan Energi Terbarukan di Sulsel, Kamis.
Dia mengatakan,potensi panas bumi di Tana Toraja selain terdapat di Bituang juga di Sangala yang juga merupakan daerah kawasan wisata. Kedua lokasi ini adalah bagian dari 14 titik lokasi potensi panas bumi yang tersebar di Sulsel.
Sementara dari 14 titik lokasi potensi panas bumi tersebut, enam lokasi yang telah disurvei yakni Kanandede dan Pararra di Kabupaten Luwu Utara, Panggak, Kabupaten Sinjai, Massepe, Kabupaten Sidrap, Sulili, Kabupaten Pinrang, dan DesaTompo di Kabupaten Barru.
Achmad mengatakan Sulsel selain memiliki potensi panas bumi, juga sudah mengembangkan EBT dan digunakan warga yang umumnya berada di wilayah pesisir dan kepulauan.
Sebagai gambaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat dengan daya 50 kWp berada di Pulau Saugi, Kabupaten Pangkep, yang dibangun pada 2017 dari dana APBN.
Khusus Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), lanjut dia, telah beroperasi di Kabupaten Sidrap dan Jeneponto dengan kapasitas masing-masing 75 MW dan 72 MW.
“Di Jeneponto ada 20 pembangkit tenaga bayu (angin) dengan masing-masin pembangkit berkapasitas 3,6 MW,” katanya.
Pada Seminar virtual itu dua pemateri lainnya yakni Konsultan Diseminasi Pengetahuan/Aktivis di Komunitas Ininnawa, Hasriadi Masalam PhD membahas tentang energi terbarukan serta upaya edukasi adaptif teknologi masyarakat dan Praktisi/Pendamping Energi Terbarukan yang juga penerima penghargaan Subroto Award Menteri ESDM 2017 Harianto Albar MM berbagi pengalaman terkait pengembangan energi terbarukan di Sulsel. (Ant/Msh)

About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top