Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Yohanis Lintin Paembongan, S.Th
 (Wakil Ketua DPRD Tana Toraja)
Tana Toraja, LEKATNEWS.COM -- Berdasarkan surat KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PERIMBANGAN KEUANGAN Nomor : S-159/PK/2020 28 April 2020  Hal : Permintaan Penyampaian LKPD TA 2019, Laporan Realisasi APBD Semester I TA 2020 dan Perubahan Peraturan Kepala Daerah Tentang Penjabaran APBD TA 2020 kepada Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se-Indonesia Sehubungan dengan kewajiban penyampaian Informasi Keuangan Daerah (IKD) kepada Kementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Hal-hal sebagai berikut:
1. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 tentang Sistem lnformasi Keuangan Daerah (SIKD) sebagaimana telah diubah dengan PP Nomor 65 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 04/PMK.07/2011 tentang Tata Cara Penyampaian lnformasi Keuangan Daerah, diatur bahwa: a Pemerintah Daerah wajib menyampaikan IKD antara lain LPP APBD secara hardcopy dan softcopy. b Pemerintah daerah yang tidak menyampaikan IKD secara lengkap dalam batas waktu yang ditentukan akan dikenakan sanksi berupa penundaan penyaluran Dana Perimbangan.

Berkenaan dengan hal tersebut kami sampaikan bahwa: a Penyampaian LKPD APBD TA 2019 1) Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD TA 2019 beserta salinan Peraturan Daerah mengenai Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2019 paling lambat tanggal 31 Agustus 2020 berupa:
             a) Realisasi APBD
             b) Neraca
             c) Laporan Operasional (LO)
             d) Laporan Arus Kas
             e) Laporan Perubahan Saldo Angaran Lebih (LPSAL)
             f) Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
             g) Catatan atas Laporan Keuangan

2) Dokumen hardcopy harus ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dan masingmasing dokumen hardcopy dan softcopy harus mencantumkan data yang sesuai.

3) Apabila terdapat ketidaksesuaian data, maka Pemda yang bersangkutan dianggap belum menyampaikan IKD dan berakibat akan dikenakan sanksi penundaan penyaluran Dana Transfer Umum.

Dalam rangka percepatan penyampaian data LKPD 2019,sebagai berikut:
       a) Pemerintah Daerah juga menyampaikan data unaudited dan audited pada kesempatan pertama.   
       b) Penyampaian Laporan Realisasi APBD (LRA) Semester I TA 2020 Penyampaian dilakukan paling lambat tanggal 30 Juli 2020. Keterlambatan atau ketidaksesuaian antara data hardcopy dan softcopy akan mengakibatkan dikenakannya sanksi penundaan penyaluran Dana Transfer Umum.
       c) Penyampaian Perubahan Peraturan Kepala Daerah Tentang Penjabaran APBD TA 2020 dan Perubahan APBD TA 2020. Penyampaian dilakukan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (scan pdf).

4. Untuk meningkatkan efisiensi belanja perjalanan dinas yang menjadi beban APBD dan sekaligus memperkuat efektivitas pelayanan DJPK, penyampaian dokumen hardcopy tersebut agar disampaikan melalui pos atau jasa pengiriman lain dengan sistem tracking yang memadai, sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. 4. Selanjutnya scan bukti pengiriman (resi) melalui pos atau jasa pengiriman yang diengkapi sistem tracking dikirim melalui email resmi Pemda kepada DJPK pada alamat email: lapor.djpk@kemenkeu.go.id dengan menyebutkan jenis IKD yang dikirim. Adapun hasil scan dokumen beserta kelengkapannya diunggah melalui aplikasi Agen SINERGI SIKD.

5. Sebagai informasi dapat kami sampaikan bahwa DJPK tidak memungut biaya apapun atas pelayanan yang diberikan, dan untuk menjaga integritas maka diharapkan tidak menyampaikan pemberian apapun kepada pejabat atau pegawai DJPK.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja sama Saudara, diucapkan terima kasih. Direktur Jenderal, Ditandatangani secara elektronik Astera Primanto Bhakti.

Hal itu disampaikan Yohanis Lintin Paembongan,S.Th, Wakil Ketua DPRD Tana Toraja sebagai penjelasan dan kejelasan terhadap proses pembahasan di DPRD Tana Toraja, Kamis (27/8/2020).

Sebagaimana diketahui, Yohanis Lintin Paembongan,S.Th adalah Politisi Partai PDI Perjuangan dan selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja. (Litbang)

About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top