Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Nicodemus Biringkanae, Bupati Tana Toraja Larut
Dalam Kegembiraan Pesta Rakyat di Makale Selatan
(dok.ZP)
Tana Toraja, LEKATNEWS.COM -- Sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan atas berkat hasil panen yang baik dan memuaskan, masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Makale Selatan menggelar pesta rakyat dengan kegiatan "Mebale" (menangkap ikan-Bahasa Toraja) yang digelar di salah satu areal persawahan di Kelurahan Sandabilik Kecamatan Makale Selatan, Selasa,(08/09/2020).
Mebale adalah tradisi masyarakat Toraja yang digelar setelah melaksanakan kegiatan panen padi sebagai bentuk suka cita terhadap hasil panen.
Sebelum kegiatan "Mebale" digelar, terlebih dahulu dilakukan kegiatan Manta'da’ Uma yaitu mengeringkan air di sawah.
Setelah air disawah sudah mulai kering, masyarakat beramai-ramai turun ke sawah untuk menangkap ikan.
"Pebalean" atau hasil tangkapan ada yang dibawah pulang ada juga yang dibakar lalu dimakan secara bersama-sama.
Camat Makale Selatan Marthen Barapadang mengatakan sebagai bentuk ungkapan syukur masyarakat atas selesainya kegiatan panen padi maka pesta rakyat Mebale ini digelar.
"Ungkapan syukur digelar agar kedepan masyarakat Makale Selatan selalu dilindungi oleh Tuhan, ungkapan syukur juga digelar karena masyarakat Makale Selatan sampai saat ini belum ada masyarakat Makale Selatan yang terpapar Covid-19," ungkap Camat Makale Selatan.
Sementara itu, Tokoh masyarakat Makale Selatan yang juga Anggota DPRD Tana Toraja Yan Anggong Kala'lembang mengatakan pesta rakyat Mebale juga adalah bagian dari upaya mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan masyarakat di Makale Selatan.
"Semoga kebersamaan masyarakat ini tetap terjaga terutama menghadapi pesta politik kedepan agar suasana tetap kondusif dan masyarakat senantiasa menjaga kesejukan," ungkap Yan Anggong Kala'lembang.
Ekspresi Bung Nico, Bupati Tana Toraja menyapa Warga
di Makale Selatan (dok. ZP)
Pesta rakyat Mebale dihadiri Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae yang ikut bersama-sama dengan rakyat menangkap ikan.
Bahkan terlihat tubuhnya yang masih basah kuyup, langsung menaiki kendaraannya dan melaju ke Bandara Toraja untuk mengikuti Tahapan Pemeriksaan Kesehatan di RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar, sebagai persyarakatan Pencalonan pada Pilkada 2020.
Tampak kegembiraan dan ekspresi sosok Nicodemus Biringkanae, Bupati Toraja seakan mengenang masa mudanya Di Kampung Halamannya.
Bukan hal baru baginya melakukan aktifitas masyarakat di desa, dengan sepenggal ungkapan yang selalu diselip diantara candanya "Seruling anak gembala" menjadi bukti kecintaannya terhadap kehidupan sosial-masyarakat yang dimana dirinya selama ini berada.(TIM) 

About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top