Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Tana Toraja-Makale, LEKATNEWS.COM -- Setiap tahun tanggal 10 Oktober, dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS). Tujuannya adalah untuk menghormati hak-hak Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa di antara penduduk yang rentan, memperluas pelayanan yang memadai dan mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan, serta meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal. 

RSUD Lakipadada juga turut menyambut HKJS 2020 yang kegiatannya dipusatkan di bangsal perawatan jiwa (Flamboyan) RSUD Lakipadada dan Rumah Singgah Sangalla yang merupakan jejaring dari pelayanan jiwa RSUD Lakipadada. Kegiatan yang dilakukan antara lain pemotongan tumpeng  secara serentak se-Nasional tanggal 3 Oktober 2020 sesuai dengan petunjuk Pedoman Pelaksanaan HKJS 2020 yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di bangsal perawatan jiwa (Flamboyan) RSUD Lakipadada  dan Rumah Singgah Sangalla  serta  beberapa perlombaan seperti bulutangkis, menyanyi dan bermain domino yang pesertanya adalah ODGJ yang menjadi binaan Rumah Singgah Sangalla. 

“Kami berharap dengan kegiatan ini, setiap pasien yang mengalami gangguan jiwa tidak merasa terkucilkan, melainkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri sehingga mereka dapat merasa lebih berguna dan bermanfaat di tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi petugas kesehatan terutama yang melayani pasien jiwa di unit perawatan Flamboyan, unit rawat jalan Psikiatri (Jiwa)  dan Rumah Singgah Sangalla. Semua kegiatan yang kami laksanakan juga tetap mengedepankan protokol kesehatan”, ungkap dr.Kristanty Randa Arung, M.Kes, Sp.KJ selaku dokter spesialis kedokteran jiwa (Psikiater) yang bertugas di RSUD Lakipadada. 

“Menangani pasien jiwa bukanlah hal yang mudah karena petugas kesehatan kami, terutama di poli Jiwa dan bangsal Flamboyan RSUD Lakipadada seringkali mendapatkan perilaku yang tidak menyenangkan, seperti dimarahi, diludahi, dipukul, dikejar, bahkan diusir dari kamar dan lain sebagainya. Tetapi berkat kesabaran, ketekunan dan semangat kerja untuk menyembuhkan pasien, mereka tidak kenal lelah dan mengeluh. Semuanya telah terlatih dan berpengalaman dalam menangani pasien jiwa. Kami bersyukur hingga saat ini banyak pasien jiwa yang telah kami rawat sudah membaik dan ada yang telah mengikuti kegiatan Rehabilitasi Psikososial yang dilaksanakan di Rumah Singgah Sangalla”, tutur dr.Kristanty, Sp.KJ. Rangkaian kegiatan di Rumah Singgah Sangalla juga dihadiri oleh perwakilan dari Pemda Tana Toraja melalui Bidang Kesra, Dinas Sosial, tim Rohaniawan dan Puskesmas Tumbangdatu. 

RSUD Lakipadada telah membuka perawatan inap jiwa sejak tahun 2018 dengan kapasitas 4 kamar akut dan 3 kamar subakut. Selain itu juga terdapat pelayanan rawat jalan yang dilengkapi dengan obat-obatan yang sesuai standar nasional maupun internasional. Pelayanan jiwa di RSUD Lakipadada telah di-cover oleh BPJS, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke Makassar untuk mendapatkan perawatan jiwa. 

 “Masalah kesehatan jiwa haruslah melibatkan lintas sektor dan lintas program, oleh karena itu RSUD Lakipadada juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPJS, Satpol PP bahkan pihak kepolisian, terutama dalam penanggulangan kasus pasung. Hingga saat ini, RSUD Lakipadada telah merawat dan membebaskan ODGJ yang mengalami pemasungan sebanyak 19 orang dari Kabupaten Tana Toraja dan 8 orang dari Kabupaten Toraja Utara, totalnya 27 orang. "Saya yakin dengan bersatu dan bersehati, kita dapat menuntaskan masalah gangguan jiwa dan pemasungan yang ada di wilayah kita”, pungkas dr.Kristanty, Sp.KJ.(*/red)

About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top