Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Ayo Pakai Masker

Ayo Pakai Masker
TNI - Polri

Style4

Style5

Makale, LEKATNEWS.COM - Toradja Tempo Doeloe, ejaan ini mungkin  sudah asing bagi Generasi Milenial. Namun, bagi kebanyakan petinggi Di Toraja saat ini yang sudah menjadi 2 Kabupaten yakni Kabupaten Tana Toraja dan pemekarannya Kabupaten Toraja Utara.

Sering kita baca, dengar bersama "Jas Merah" seruan Bung Karno, Proklamator RI bersama Bung Hatta. Yang hingga kini tetap diabadikan sebagai uniform Partai PDI Perjuangan setelah berganti Nama dari PDI.

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, kalimat yang luar biasa, dari seorang tokoh besar.

Bagi kita Masyarakat Toraja, Sejarah adalah Nafas Hidup, selagi masih hidup kita mengores sejarah hidup, setelah tidak lagi hidup, jasa dan kebaikan akan dikenang para generasi.

Bagi masyarakat Toraja, Merah adalah simbol Keberanian, Spirit dan ambisi. Melihat warna merah kita punya semangat, karena merah akan menantang hormin individu untuk bersemangat mencapai cita-cita.

Kehidupan Orang Toraja di masa lalu, kalau kita merunut sejarah, tidak terlepas dari tatanan atau aturan Aluk dan Adat. Aluk merujuk Spritual dan Adat sebagai aturan atau norma perilaku yang lazim.

Kembali ke sejarah Suku Toraja, yang paling sakral ada menetapkan siapa pemimpinnya. Bahkan melalui beberapa prosesi yang sakral.

Prinsip "Tallu Bakaa" menyebutkan seseorang Pemimpin Harus Memiliki rangkaian 3 syarat, pertama SUGI' na BARANI (Kaya dan Berani), kedua MANARANG  na KINAA (Pintar dan Bijaksana), ketiga BIJA (turunan).

Pertanyaannya,

Kenapa harus Sugi'(Kaya), karena pemimpin Toraja di masa lalu adalah tumpuan harapan rakyatnya, bahkan rela hancur demi rakyatnya, fungsi Barani (Berani).
Implementasi masa kini, kalau Calon pemimpin sudah mapan secara ekonomi, maka ttidak akan Korupsi, mengambil Hak Rakyat.

Kenapa harus Manarang (Pintar), karena kondisi masa lalu orang Toraja, pemimpin itu ada di masing-masing simpul (Tongkonan). Kepintaran memikirkan persoalan rakyat untuk mendapatkan Solusi.
Implementasi saat ini, Pintar memikirkan kebutuhan Rakyat, mendapatkan solusi terhadap pemenuhan Kebutuhan. Tidak mudah goyah, baik hati, Bijaksana (KINAA)

Kenapa harus BIJA (ada yang menyeebutnya (Bida) karena diyakini, tetesan darah leluhur, pendahulu akan mengalir dalam diri titsannya, turunannya. Sejarah tutur Toraja sudah mencatat di memori penuturnya (orang yang ditugaskan menuturkan Silsilah atau Ossoran Batu Silambi').
Implementasi masa kini, saat ini dikenal adanya DNA (Deoksiribonukleat) bersifat asam yang sejenis biomolekul menyimpan dan menyandi instruksi-instruksi genetika. Seseorang yang dilahirkan dari Keturunan yang baik, akan menjadi baik, dalam kondisi normal tentunya dan harapan leluhurnya.

Dari 3 syarat, masih ada 1 pertanyaan setelah itu, "Apamora Na Pogau'?", bahkan ungkapan itu sangat kental sampai saat ini.

Setelah itu terjawab, masih ada pengujian dan kepastian, "Bukti Ma'panassa", Bukti Jadi Kenyataan. Ini yang sulit!!!

Dikala seseorang dengan niat dan kondisinya pada suatu komunitas terpelajar misalnya, akan "dihadang" 2 pertanyaan itu, bahkan jika Sugi'(Kaya) atau ada Sponsor, masih harus menjawab ujian terakhir, Bukti Ma'panassa? Jawaban ini butuh kepastian dan harus sudah dilaksanakan, bukan hanya "JANJI". Pada kondisi inilah dituntut komitken sorang Calon Pemimpin, untuk "Mundur" atau "Mengeksekusi" saat itu melalui MP (Money Politik).

Bahkan sekelas Lembaga Organisasi Keukatan sudah menyatakan "PERANG" terhadap MP, tetapi bagaiian "Jamur di Musim Hujan" malah tumbuh dengan subur bahkan di berbagai kondisi tak terbatas Waktu, Tempat dan Sosoknya.(fb)

Catatan: Terinspirasi dari kilasan Tokoh Toraja yang telah mendahului, Yusuf Biringoanae, L Sombolinggi, YB Batara, MT Allorerung, di berbagai kesempatan diskusi di Markas LSM LEKAT dalam Komunitas Masyarakat Adat semasa hidupnya. Semoga mereka Bahagia di Alamnya.






About Lekat News

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top